Tipe Network Switch

3 Tipe Network Switch

Saat ini network switch memegang peranan penting dalam infrastruktur jaringan komunikasi dan informasi pada kantor-kantor, baik skala kecil, menengah, hingga besar. Fungsinya yang sangat efisien terutama dalam menyediakan akses data dan transfer data, menjadikan network switch sebagai sebuah perangkat yang selalu menjadi pilihan.

 

Sebelum anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan network switch untuk kantor anda, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu 3 kategori utama dari tipe switch; unmanaged, managed, dan web-smart. Bila anda sudah lebih memahami tentang tipe switch, maka akan mempermudah anda dalam memilih switch.

  1. Unmanaged Switch

Tipe switch yang satu ini tidak bisa dimodifikasi atau dirubah pengaturannya, jadi anda tidak perlu repot untuk pengaturan, dan juga harganya lebih terjangkau. Switch tipe ini cocok untuk usaha kecil, usaha rumahan, atau toko dan kantor kecil, yang tidak memiliki staff admin IT. Switch ini juga tidak memiliki fitur keamanan, tapi tidak akan menjadi masalah apabila hanya digunakan untuk jaringan kecil dengan jumlah komputer 5-10 unit. Namun apabila bisnis anda bergerak di bidang yang berurusan dengan informasi-informasi penting dan sensitif, ada baiknya memilih tipe switch yang lebih baik.

  1. Smart Switch

Smart switch hampir mirip dengan managed switch, tapi dengan kemampuan dan fitur yang terbatas dengan akses dari internet. Anda tidak memerlukan staff dengan keahlian tinggi untuk mengatur dan mengoperasikan switch ini, karena tampilan pengaturannya lebih sederhana dan mudah bila dibandingkan dengan tipe managed. Switch ini cocok untuk jaringan yang kecil dan banyak menggunakan aplikasi seperti VoIP. Smart switch memberikan anda akses untuk mengatur masing-masing port dan jaringan virtual, tapi tidak mempunyai fitur untuk memonitor atau akses jarak jauh untuk memperbaiki apabila ada permasalahan pada switch.

  1. Managed Switch

Managed switch memberikan keamanan jaringan yang lebih tinggi, kontrol dan pengaturan yang lebih lengkap. Switch ini cocok untuk anda yang membutuhkan switch yang bisa dimonitor selama 24 jam dan akses kontrol jarak jauh. Tentu switch ini adalah pilihan yang lebih mahal, tapi bisa menjadi investasi yang sangat baik untuk bisnis yang berkembang pesat. Dengan fitur-fitur seperti pengaturan arus pengguna, pemisahan jaringan, menyambung network yang berbeda, dan mengontrol arus sistem, switch ini dapat memaksimalkan kecepatan jaringan dan penggunaan sumber daya. Pengetahuan dan pemahaman tentang command-line berbasis teks dibutuhkan untuk mengatur dan mengoperasikan switch ini.

Alcatel Lucent Enterprise memiliki banyak pilihan switch yang bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan kantor anda, seperti; OmniSwitch 2220-8 untuk bisnis kecil dan menengah, OmniSwitch 6350 yang bisa disusun bertingkat, hingga kelas enterprise seperti OmniSwitch 6450. Untuk informasi lebih detail mengenai perangkat network switch dari Alcatel Lucent Enterprise, anda bisa langsung menghubungi kami di halaman “Hubungi Kami” atau menggunakan fitur online chat pada web ini.

29

Jun

2018

artikel terkait