4 Cara Menekan Pengeluaran Bisnis

Efisiensi biaya operasional perusahaan jadi salah satu cara yang paling efektif untuk tetap bisa bertahan di tengah lesunya perekonomian seperti saat ini. Apalagi jika bisnis yang Anda bangun masih termasuk baru. Berikut beberapa cara menekan pengeluaran bisnis yang bisa Anda lakukan.

Menghemat Biaya Listrik
Nyalakan lampu dan AC hanya pada saat jam bekerja. Sebelum jam masuk kantor, di waktu istirahat, dan di jam pulang kantor, selalu matikan lampu dan AC. Saat sedang meeting di luar kantor, pastikan juga komputer kantor tidak dibiarkan terus menyala. Paling tidak, matikan monitor jika Anda tidak mau bolak-balik menyalakan komputer.

Memaksimalkan Jam Kerja
Lembur membuat Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk listrik, uang makan, serta uang lemburan karyawan. Untuk itu, buat aturan agar karyawan tidak lembur, kecuali ada tugas mendesak. Anda juga sebaiknya membuat aturan jumlah minimal karyawan yang lembur, misalnya baru bisa lembur jika ada minimal lima karyawan lain. Dengan begitu, biaya listrik tidak terbuang hanya untuk 2-3 karyawan saja.

Memasang Ekstensi Telepon
Untuk menghemat biaya telepon, pastikan Anda menggunakan Private Automatic Branch Exchange (PABX) alias sambungan ekstensi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya telepon ketika harus menghubungi karyawan di ruangan atau lantai lainnya. Anda cukup tekan nomor ekstensinya saja. Sebaiknya, gunakan sambungan PABX yang bisa terhubung dengan banyak nomor ekstensi, seperti OXO Connect R2 dari Alcatel Lucent Enterprise yang bisa menyambungkan sampai 300 nomor ekstensi!

Pilih Soft Copy
Salah satu pengeluaran terbesar dari perusahaan adalah kertas, entah untuk printer ataupun fotokopi. Anda bisa menekan biaya pembelian kertas—sekaligus tinta printer—dengan lebih memilih menggunakan materi soft copy yang bisa dilihat di komputer, laptop, bahkan smartphone Anda. Gunakan kertas hanya untuk surat-surat penting yang memang harus berbentuk hard copy.

21

Feb

2018