5 Isu Penting Yang Sedang Dihadapi Oleh UKM

Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan terhadap sejumlah kelompok UKM, ditemukan berbagai hal yang umumnya mejadi hambatan bagi kinerja UKM itu sendiri. Namun secara singkat berikut adalah 5 hal utama yang dapat membuat UKM dapat mengatasi hambatannya untuk melakukan bisnis.

1. Produktivitas di Luar Kantor

Beberapa tantangan yang dihadapi UKM saat ini saat menyiapkan solusi mobilitas mencakup biaya peralatan yang tinggi, instalasi yang kompleks, integrasi VPN, dan mereka mungkin memerlukan bantuan menginstal perangkat lunak pada perangkat mobile, bahkan ketika segalanya telah bekerja dengan baik, sistem operasionalnya menjadi satu hal yang cukup menghambat karena kerumitannya, oleh karena itu dibutuhkan tenaga TI yang handal untuk dapat mempertahankan kinerja bisnis. Melalui solusi hybrid, karyawan dapat dengan mudah menginstal aplikasi pada perangkat mereka dan segera memiliki kemampuan mobilitas. Hybrid cloud terhubung dengan sistem telepon yang ada dan mereka siap untuk keluar kantor. Selain itu, karena layanan ini disediakan di jaringan cloud, tidak ada persyaratan untuk VPN, atau solusi keamanan jarak jauh.

2. Kolaborasi adalah Kunci

Integrasi berbasis cloud juga memiliki peran untuk memperluas kolaborasi tim. Sistem dapat menghubungkan solusi video-conferencing dengan, tidak hanya kolaborasi perangkat lunak inti, tetapi juga ke berbagai perangkat yang digunakan karyawan berinteraksi. Anggota tim yang berada di luar lingkungan kantor akan semakin tinggi kemampuannya dalam berkolaborasi menggunakan smartphone dan tablet, sama halnya ketika mereka menggunakan PC desktop atau laptop. Mereka dapat berkolaborasi dengan bergabung dengan grup chat, mengirim dan mengedit dokumen bersama, atau login ke konferensi video dari perangkat Android atau iOS di mana saja.

3. Saatnya Hybrid Cloud

Lingkungan hybrid membuat penerapan inisiatif bisnis digital berjalan lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Biaya yang lebih rendah, dan laba atas investasi yang lebih cepat dan lebih tinggi dari yang diproyeksikan. Dalam iklim usaha yang kompetitif seperti saat ini, investasi berbasis cloud dalam kelangsungan bisnis dapat berarti perbedaan antara berkembang, bertahan, dan ketinggalan zaman. Ini menegaskan bahwa terdapat pergeseran bahwa UKM di seluruh dunia terus mengalihkan investasi dari on-premise, uberganti ke lingkungan awan publik dan hybrid, untuk mencapai kelangsungan bisnis yang kuat, kompleksitas bebas, dan hemat biaya.

4. Keamanan Adalah Kunci Utama

Di tengah perkembangan tekonologi saat ini, para pegiat UKM menggantungkan kegiatannya kepada segala bentuk teknologi terupdate untuk menjalankan bisnis mereka, jadi tidaklah mengherankan apa bila tingkat keamanan dalam perlidungan data dan teknologi menjadi hal yang mendesak. Data tidak lagi tersimpan hanya pada satu tempat permanen, melainkan kini tersimpan dalam sebuah sistem jaringan tak kasat mata yang mampu menyimpan segalanya. Peningkatan sistem cloud dan mobility menjadi salah satu faktor pendorong dalam hal penyimpanan data yang dapat diakses dari segala perangkat digital tanpa berbatas waktu dan tempat.

5. Kegiatan Bertambah Tapi Anggaran Tidak Bertambah

Anggaran adalah masalah yang dihadapi sebagian besar UKM. Mereka sering memiliki kebutuhan yang berbeda dan tantangan TI yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan besar. Dalam blog berjudul, “The SMB Digital Tantangan: Aktivitas Scaled Tanpa Anggaran Scaled”, Lindsay Rowntree mengatakan bahwa, “Di Inggris, UKM membentuk 99,3% dari semua bisnis, namun hanya 18% dari total biaya pemasaran. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pemasar usaha kecil di Inggris dan, memang, secara global, adalah kurangnya anggaran dibandingkan rekan-rekan mereka yang lebih besar, memaksa mereka untuk membatasi pilihan mereka secara signifikan. ” Itu merupakan keputusan besar, antara jumlah UKM, dan biaya pemasaran, berarti UKM harus serius mempertimbangkan apa yang harus mereka lakukan untuk bersaing.

 
Damien Delard
Head of SMB Business Unit – Communications Division

20

Mar

2017