Serangan DHCP Starvation Pada Jaringan Komputer

05 December 2021
mengenal-serangan-dhcp-starvation-pada-jaringan-komputer

Di hampir semua perusahaan, jaringan komputer merupakan hal yang lazim digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Anda mungkin pernah mendengar istilah Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), yaitu sebuah protokol yang dapat membantu Anda menyebarkan alamat IP secara otomatis ke berbagai perangkat. DHCP dapat membantu Anda memudahkan pengelolaan jaringan yang memakan waktu jika dilakukan secara manual.

Namun, seperti halnya protokol pada jaringan komputer lainnya, DHCP juga mungkin mengalami serangan keamanan. Salah satu gangguan keamanan yang perlu Anda antisipasi adalah serangan DHCP Starvation.

Apa Itu Serangan DHCP Starvation?

Serangan DHCP Starvation adalah salah satu bentuk gangguan keamanan pada jaringan komputer, yang sering disebut sebagai keadaan dimana klien kehabisan Internet Protocol (IP) atau tidak mendapat jatah IP. Dalam Serangan DHCP Starvation, attacker menyebarkan pesan DHCP Request dalam jumlah besar dengan menggunakan sumber MAC Address palsu. Jika DHCP Server yang sah dalam jaringan mulai merespons semua pesan DHCP Request palsu ini, IP Address yang tersedia akan habis dalam rentang waktu yang sangat singkat.

Setelah alokasi IP Address yang tersedia di DHCP Server habis, attacker kemudian dapat mengatur Multiple DHCP atau DHCP Rogue, dan menanggapi permintaan DHCP baru dari klien DHCP jaringan. Selanjutnya attacker pun bisa menjalankan DHCP Spoofing.

Dampak Serangan DHCP Starvation

Bila serangan DHCP Starvation terjadi, attacker dapat masuk dengan DHCP Server mereka sendiri ke dalam jaringan komputer yang diserang. Attacker kemudian dapat mulai membagikan alamat IP yang sudah disiapkan sebelumnya. Ketika alamat IP versi attacker sudah tersebar dan digunakan oleh para klien, semua lalu lintas data yang terjadi pun bisa diakses oleh attacker. Dimana jika yang diserang adalah jaringan komputer perusahaan Anda, artinya besar kemungkinan data penting yang menyangkut rahasia perusahaan akan bocor ke tangan attacker.

Hal ini dapat menjadi lebih parah jika attacker sekaligus melakukan juga serangan man-in-the-middle, yaitu serangan siber yang terjadi ketika komunikasi antara dua belah pihak atau sistem dicegat oleh attacker secara diam-diam. Dalam serangan ini, attacker bisa memanipulasi isi pesan atau data yang dikirim oleh satu klien kepada klien lainnya.

Perangkat OS6350-P10 Untuk Mencegah Serangan DHCP Starvation

Perangkat switch dengan perlindungan terhadap serangan DHCP Starvation

Untuk menjamin keamanan data rahasia perusahaan, Anda membutuhkan perangkat dengan advanced IPv6 threat protection yang memberikan perlindungan terhadap berbagai serangan address spoofing termasuk serangan DHCP Starvation, seperti OS6350-P10 dari Alcatel-Lucent Enterprise. OS6350-P10 merupakan seri fixed-configuration Gigabit Ethernet switches yang menyediakan solusi jaringan dengan keamanan tingkat lanjut, pelayanan berkualitas tinggi, serta fitur yang lengkap. Perangkat ini memiliki fitur 10-port dengan dua RJ-45/SFP combo port uplinks, kapasitas switch 20 Gb/s, Power over Ethernet (PoE+), mempermudah penggunaan Voice over IP (VoIP) dengan fitur Auto Quality of Service (Auto-QoS), mendukung IPv4 dan IPv6, mendukung Access Control Lists (ACLs) dan relay Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), dan perlindungan ancaman pada IPv6.

OS6350-P10 dapat memberikan Anda keuntungan konfigurasi yang memenuhi seluruh kebutuhan customer, menawarkan investasi terbaik untuk keamanan dan fleksibilitas, kemudahan pemasangan, operasi, dan perawatan. Selain itu juga memastikan pengelolaan energi yang efisien, sehingga mengurangi biaya operasi serta menurunkan biaya total kepemilikan melalui konsumsi energi yang rendah dan alokasi PoE dinamis yang hanya akan menghantarkan energi untuk perangkat yang membutuhkan. Perangkat ini juga dilengkapi fitur keamanan yang komprehensif untuk bisnis Anda tanpa biaya tambahan.

Selain itu, Alcatel-Lucent Enterprise juga memiliki produk OS2220-P8 yang merupakan rangkaian perangkat network switch yang menyediakan solusi jaringan aman, hemat, dan sederhana untuk bisnis dengan skala kecil maupun besar. Perangkat ini memiliki fitur 8-port, Power over Ethernet (PoE+), kapasitas switch 20 Gb/s, konsumsi daya rendah dengan teknologi Energy Efficient Ethernet (EEE), pengaturan berbasis web yang disederhanakan, dan pengaturan filter Access Control List (ACL) berbasis IP.

Serta OS2220-24 yang memiliki teknologi jaringan terbaru dan dapat memberikan jaminan keamanan terbaik. Perangkat ini memiliki fitur 24-port, kapasitas switch 52 Gb/s, konsumsi daya rendah dengan teknologi Energy Efficient Ethernet (EEE), pengaturan berbasis web yang disederhanakan, dan pengaturan filter Access Control List (ACL) berbasis IP.

OS2220-P8 dan OS2220-24 dapat memberikan Anda keuntungan konektivitas desktop berkecepatan tinggi, jaringan nirkabel yang aman, dukungan komunikasi terpadu (IP telephony, video, dan converged solutions), konfigurasi dan manajemen yang sederhana dan mudah, dan performa tinggi.

Dapatkan harga promo Rp 4.500.000 untuk OS6350-P10, Rp 2.500.000 untuk OS2220-P8, dan Rp 4.500.000 untuk OS2220-24 hingga 31 Desember 2021. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.