Apa Itu PABX? Yuk, Kenali Lebih Jauh!

Saat menelepon ke sebuah perusahaan, pasti Anda sering mendengar istilah sambungan ekstensi. Biasanya, setelah menekan nomor telepon yang dituju, Anda cukup menambahkan nomor atau kode ekstensi tersebut sehingga bisa langsung terhubung dengan divisi atau orang yang Anda inginkan. Nah, meskipun sudah sering menggunakannya, tahukah Anda cara kerja nomor ekstensi ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Sambungan PABX
Untuk mengetahui cara kerja ekstensi telepon, Anda terlebih dahulu harus mengenal Private Automatic Branch eXchange atau yang biasa dikenal sebagai PABX. Sistem telepon PABX inilah yang membuat sebuah nomor telepon akhirnya bisa “bercabang” dan terbagi-bagi atas beberapa nomor ekstensi.

Bisa dibilang, sistem telepon PABX merupakan pusat kontrol telepon yang memiliki banyak sambungan kabel. Setiap ada telepon yang masuk, telepon tersebut langsung diarahkan oleh sistem telepon PABX kepada sambungan ekstensi yang dituju. Jadi, di dalam sistem telepon PABX tersebut sebelumnya telah dimasukkan kode-kode ekstensi. Jumlah ekstensi yang terhubung bisa sampai ratusan nomor, lho. Salah satu contohnya adalah sistem telepon PABX OXO Connect R2 dari Alcatel Lucent Enterprise yang memiliki kemampuan menghubungkan hingga 300 ekstensi telepon.

Menghemat Biaya
Penggunaan sistem telepon PABX ini sangat berperan penting dalam menekan biaya operasional perusahaan. Pasalnya, penggunaan antarnomor ekstensi tidak dikenakan biaya. Anda pun bisa lebih mudah jika ingin membicarakan urusan pekerjaan.

Sistem telepon PABX juga memungkinkan Anda mengatur rekaman penerima pesan. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan suara operator telepon yang meminta Anda memilih menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia, lalu mengarahkan Anda untuk menekan nomor ekstensi atau bantuan resepsionis. Semakin canggih lagi karena sistem telepon PABX modern pun bisa mengetahui detail penggunaan panggilan telepon setiap ekstensi jika diperlukan.

18

Feb

2018