Cara Mengembangkan Ide Bisnis Baru Anda

Cara Mengembangkan Ide Bisnis Baru Anda

Pada era digital saat ini, pola pengembangan ide bisnis terutama bisnis baru (startup) tentu memerlukan pendekatan baru. Komunikasi digital semakin menjadi faktor penting dalam menunjang pertumbuhan bisnis. Untuk beradaptasi dengan pola bisnis saat ini, anda bisa memulai dengan melengkapi infrastruktur digital kantor anda, seperti memakai switch jaringan, access point dan sistem telepon PABX. Selain itu, berikut ini beberapa hal mudah yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan ide bisnis baru anda;

1. Pertimbangkan dan Analisa Target Pasar Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal target pasar anda. Anda bisa mempertimbangkan dan menganalisa industri dan calon pembeli produk atau jasa anda. Apa yang mereka butuhkan? Masalah apa yang mereka hadapi? Apakah produk atau jasa anda dibutuhkan saat ini? Anda bisa menganalisa dengan cara membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan bisnis anda sehingga anda tahu tren terbaru. Anda juga bisa menghadiri seminar-seminar untuk mendapatkan ide-ide baru yang bisa ditambahkan di ide awal anda.

2. Catat dan Kembangkan Ide Anda

Setelah anda mengetahui tren terbaru industri anda dan kebutuhan calon pembeli dan industri saat ini, maka anda bisa menulis semua informasi dan pertimbangan tersebut. Anda bisa menggunakan cara tradisional, kertas dan pulpen, atau menggunakan aplikasi notes pada smartphone anda. Anda bisa mulai mengembangkan ide-ide lainnya berdasarkan informasi yang sudah anda catat, tulis di beberapa notes terpisah dan kategorikan berdasar topik dan golongan.

3. Survei Target Pasar

Survei pasar adalah hal yang sangat krusial untuk bisnis baru. Anda bisa memanfaatkan teknologi digital seperti website untuk membuat dan mengirim kuesioner secara online kepada target pembeli anda. Anda juga bisa melakukan diskusi bersama sebelum dan sesudah contoh produk anda siap.

4. Kembangkan Produk Anda

Melalui survei pasar yang sudah anda lakukan sebelumnya, anda bisa melakukan penambahan atau pengurangan dari produk contoh anda. Lakukan finalisasi untuk produk akhir anda, sehingga sesuai dengan kebutuhan industri dan keinginan calon pembeli produk anda. Berikan inovasi-inovasi sehingga produk anda akan dikenal sebagai produk baru yang membawa perubahan.

5. Kumpulkan Ulasan Pembeli

Dengan mengumpulkan ulasan dari para pembeli produk anda, anda bisa mengukur seberapa jauh kesuksesan produk dan bisnis anda. Anda bisa membuat website untuk bisnis anda dan memberikan fitur bagi pengunjung website anda untuk melakukan penilaian tingkat kepuasan mereka terhadap produk atau jasa anda.

Tips-tips diatas dapat anda lakukan dengan cepat dan mudah dengan kemajuan teknologi digital saat ini. Dengan infrastruktur komunikasi dan teknologi digital yang lengkap maka akan menjamin efisiensi dan efektifitas kerja untuk bisnis anda. Apabila anda membutuhkan perangkat untuk menunjang infrastruktur digital bisnis anda, Alcatel Lucent Enterprise memiliki perangkat yang lengkap untuk anda. Mulai dari sistem telepon PABX, switch jaringan, access point sampai layanan komunikasi berbasis cloud. Untuk informasi lebih detail mengenai produk Alcatel Lucent Enterprise, anda bisa menghubungi kami melalui halaman “Hubungi Kami” atau menggunakan fitur online chat di web ini.

28

Aug

2018