fungsi switch router hub

Fungsi Switch, Router dan Hub

Pada artikel yang lalu kita sudah membahas tentang perbedaan definisi tentang switch, router dan hub. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi ketiga perangkat ini. Berikut adalah perbedaan fungsi dari switch, router dan hub

Fungsi Switch dan Hub.

Dua perangkat ini berfungsi sebagai pusat koneksi untuk semua perangkat jaringan anda dan menangani tipe data yang disebut frame. Frame berisi dan membawa data anda. Saat frame diterima, maka akan disalin dan dikirim ke port perangkat komputer yang dituju. Perbedaan dari dua perangkat ini terdapat pada cara pengiriman frame.

Pada hub, sebuah frame akan diteruskan atau dibagikan ke semua port, walaupun anda hanya bermaksud untuk mengirimkan ke satu tujuan. Hub tidak bisa memilih satu port yang dituju saja. Dengan cara membagikan ke semua port maka bisa memastikan frame akan sampai ke tujuan, tapi cara ini juga menyebabkan beban arus di dalam jaringan semakin besar dan bisa menyebabkan melambatnya waktu respon jaringan. Selain itu hub dengan kecepatan 10/100mbps harus membagi bandwith dengan seluruh port nya. Apabila ada banyak perangkat komputer yang tersambung maka akan menurunkan performanya.

Di sisi lain, switch menyimpan setiap informasi MAC address dari setiap perangkat yang terhubung. Dengan informasi ini switch bisa mengidentifikasi posisi port setiap perangkat. Saat frame diterima, switch bisa dengan pasti menentukan port yang akan digunakan untuk mengirimkan frame tersebut. Berbeda dari hub, switch dengan kecepatan 10/100mbps akan mengalokasikan kecepatan 10/100mbps secara penuh kepada masing-masing port. Jadi berapapun jumlah perangkat komputer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki akses dengan kapasitas bandwith maksimal. Inilah yang menjadikan switch sebagai pilihan yang lebih baik dari hub.

Fungsi Router.

Router adalah sebuah perangkat yang berbeda dari switch atau hub. Switch dan hub lebih terfokus kepada pengiriman frame, sedangkan router berfungsi untuk mengatur jalur pengiriman paket data ke jaringan lain sampai paket data tersebut berhasil sampai di tujuan. Satu fitur utama dari paket data tersebut adalah selain berisi data, tapi juga alamat tujuan. Router biasanya terhubung dengan setidaknya dua jaringan, bisa di dua LAN atau dua WAN, atau LAN dan jaringan ISP. Sebagai contoh; perangkat komputer anda dan penyedia jasa layanan internet anda. Router ditempatkan di gateways, dalam contoh ini maka router ditempatkan di titik pertemuan sambungan jaringan komputer anda dan penyedia jasa internet.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan fungsi dari perangkat switch, router dan hub. Apabila anda tertarik untuk memiliki switch dari Alcatel Lucent Enterprise, kami menyediakan promo untuk produk switch, seperti Omni Switch 2220-8 yang cocok untuk kantor kecil dan menengah sampai dengan kelas enterprise seperti Omni Switch 6450. Anda juga bisa melengkapi jaringan kantor anda dengan access point nirkabel (wireless), seperti Omni Access AP 1101, sehingga semakin menunjang produktifitas kerja seluruh pegawai anda.Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi kami di halaman “Hubungi Kami” atau menggunakan fitur online chat di website ini.

30

Jun

2018